Sunday, January 15, 2012

Jakarta, keras bung!

Perasaan beberapa hari terakhir ini kerjaan gue keluyuran mulu. Hari ini janjian sama tante Olive sama Kak Bertha main ke Tanah Abang. Abis dari sana kita langsung meluncur ke Senen. Nah abis dari Senen, gue dan tante meluncur lagi ke ITC Cempaka Mas. Kak Bertha udah duluan pulang. Hehehe. Seru deh hari ini, meski berat bawa belanjaan yang banyak,tapi tetep senang.
Sekarang? Gue kok ngerasa gatal-gatal gini ya? Serasa alergi kumat. Perasaan jug agak makan pantangan :( Gatal nih di kaki. Huhuhu.. i need help. :'(
Tadi ya pas naik bis dari Senen dan waktu di lampu merah, kan biasa tuh banyak pengamen. Banyak juga tuh pengamen anak-anak. Gue terharu melihat mereka waktu menghitung hasil kerja mereka hari itu. Gue ngeliat mereka duduk di rerumputan pinggir jalan. Ada 3 orang anak kecil. Perempuan. Sekitar 5-6 tahun menurut gue. Mereka duduk dengan santai mengeluarkan rupiah dari botol air minum aqua gelas. Gue sempat lihat ada yang keluarin duit Rp.5000. Wah, pasti mereka senang banget waktu dapetin itu. Senyum mereka tuh tulus. Kasihan mereka, kecil-kecil udah cari duit buat hidup. Lah gue? Umur segini belum ngehasilin apa-apa. Malu sebenernya ngeliat anak kecil itu kalo dibandingin sama diri sendiri yang masih bergantung aja sama orang tua.
Belum lagi ada anak kecil yang ngegendong anak kecil lainnya -adeknya ,tapi yang ini beda lagi, dia minta-minta sama orang yang berhenti pas lampu merah. Kasihan juga sih. Terkadang gue pikir, ini orangtuanya pada kemana sih sebenernya? Anak-anak seperti mereka kan harusnya di sekolah, belajar bukannya malah bantuin orangtua cari nafkah. Ini belum saatnya. Sama sekali belum.
Tadi ya,yang ngegendong adeknya itu entah mulai jam berapa memulai pekerjaannya itu. Dia beberapa kali tadi menguap. Kecapekan kali dia ya. Udah itu bajunya kotor, rambutnya diikat tanpa disisir. Rambutnya juga berwarna pirang bukan karena asli atau diwarnai tapi karena terik matahari. Adeknya masih sekecil itu digendong-gendong,kan kasihan. Masa di'jemur' sepanjang hari hanya demi rupiah yang tak seberapa? Sekarang ini tuh waktunya dia lagi asik main sama teman sepermainannya :(
Tapi ada yang gue gak suka. Yaitu apa ya namanya dibilang pengamen bukan nyanyi, dibilang pengemis juga dia ada usaha. Itu lho yang suka ceramah gak jelas dan terkesan maksa menurut gue. Cuma mau bilang hati hati doang terus mengkasihani mereka. Pokoknya maksa banget deh kesannya. Masa ya tadi dia bilang gini pas udah mau turun dan selesai menjalankan aksinya," Terimakasih kepada bapak ibu yang sudah memberikan sedikit rejekinya sedikt kepada saya. Mudah-mudahan diberikan kesehatan dan panjang umur." Pas mau turun dia sempat-sempatnya nambahin kata kata " HANYA UNTUK YANG MEMBERIKAN SAJA!" anjirrrr... semua yang di dalam bis senyum kambing doang. Yaelah emang tuh preman aneh. Gak punya sikap!
Dari anak kecil tadi, gue jadi lebih bersyukur dengan apa yang udah Tuhan kasih. Lebih menghargai setiap apa yang Dia berikan. Gue beruntung. Mungkin ini terlalu klise. Tapi emang itu kenyataannya. Masih ada orang lain yang kekurangan. Gue masih dikasih Tuhan keluarga yang sayang dan mencintai gue. Masih diberikan kehidupan yang layak. Bisa kuliah.
Ada 1 keinginan yang memang pengen gue wujudkan. Gue pengen ajarin mereka anak-anak yang kurang beruntung tadi. Mereka harus diberi perhatian lebih di umur yang seperti itu. Iya, gue emang gak pengen jadi guru sebagai profesi, tapi gue benar-benar pengen ajarin mereka.. adek-adek gue :)


Blank Stare Kaoani Blank Stare Kaoani